Abstract

Untuk pengamatan sementara yang menjadi pokok permasalahan pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan komunikasi dilihat dari : pelayanan yang dilaksanakan tidak prima dan masih belum sesuai dengan harapan masyarakat atau tidak memberikan kepuasan. Dan juga kurangnya komunikasi yang baik antar pegawai terhadap pasien sehingga menyebabkan ketidakpuasan pasien saat bertanya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kausal kuantitatif. Nama lain  dari metode penelitian kuantitatif ialah metode internasional, karena metode penelitian ini memang sudah cukup lama menjadi acuan dan mentradisi bagi para peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan hipotesis yang telah ditetapkan adalah variabel Pelayanan Prima nilai uji t dapat menunjukan bahwa thitung menghasilkan koefisien sebesar 1,957. Dengan hal ini dapat dikatakan bahwa Pelayanna Prima memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien karena t hitung (1,957) > t tabel (1,687), variabel Pelayanan Prima terhadap kepuasan pasien dengan komunikasi sebagai variabel moderasi nilai uji t dapat menunjukan bahwa thitung menghasilkan koefisien sebesar 7,166.